4 Masalah Rambut yang Harus Anda Waspadai, dan Tips Mengatasinya

71 views

Setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan tentu menginginkan rambut yang tumbuh dengan sehat dan indah, terutama untuk perempuan. Mayoritas perempuan sangat memperhatikan Kesehatan dan Keindahan Rambut mereka, hingga tak jarang mereka rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit agar dapat memiliki rambut yang terawat. Apalagi untuk mereka yang tidak berhijab, rambut akan mudah terkena polusi jalanan yang dapat membantu mempercepat kerusakan rambut. Selain polusi udara.

4 Masalah Rambut yang Harus Anda Waspadai, dan Tips Mengatasinya

4 Masalah Rambut yang Harus Anda Waspadai, dan Tips Mengatasinya

Cara Merawat Rambut yang keliru pun juga banyak menyebabkan kerusakan pada rambut, seperti salah memilih shampo, cara keramas yang keliru atau terlalu sering mewarnai rambut. Namun, secara umum terdapat 6 Masalah Rambut yang paling banyak dikeluhkan oleh setiap orang, termasuk laki-laki. Berikut kami jelaskan beberapa Masalah Rambut yang paling sering dijumpai dan beberapa tips bagaimana menjaga dan merawat Kecantikan Rambut anda.

Ketombe

Tentu anda tidak asing dengan istilah ini, seolah mengiringi kibasan rambut setiap orang, ketombe seperti tidak pernah ada habisnya. Banyak orang yang mencoba berbagai cara, baik instan ataupun dengan cara alami, agar Ketombe si Masalah Rambut Pertama ini dapat musnah dan tidak kembali lagi. Pertam, anda harus mengetahui apa Penyebab Munculnya Ketombe. Didasarkan pada penelitian para ahli, ketombe muncul karena pertumbuhan mikroorganisme pada kulit kepala yang diakibatkan karena adanya zat kimia yang tertinggal, seperti shampo atau minyak rambut. Mikroorganisme ini akan berkembang dengan cepat saat kulit kepala jarang dibersihkan dan berada dalam kondisi berminyak. Selain itu, ketombe juga disebabkan oleh tumbuhnya jamur di kulit kepala anda.

Lihat Juga :   7 Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Produk Kecantikan dan Cara Mencegahnya

Mengerikan ya, membayangkan jamur tumbuh di kulit kepala, lalu menghasilkan butiran-butiran salju yang tentu saja mengganggu penampilan anda. Nah, agar salju tersebut tidak semakin menumpuk di kulit kepala, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk Mengatasi Ketombe. Di antaranya: rajin-rajinlah mencuci rambut anda, agar kulit kepala tidak terlalu berminyak. Setelah keramas, bilaslah rambut anda dengan bersih, jangan tergesa-gesa pastikan tidak ada sisa shampo yang tertinggal di rambut indah anda. Selain itu, kebersihan sisir yang anda gunakan juga harus diperhatikan, karena sisir yang kotor adalah sarang dari tumbuhnya jamur di kulir kepala anda. Dalam memilih shampo, pilihlah shampo yang mengandung selenium sulfida atau salicylic acid.

Kebotakan

Masalah kedua yang banyak dihadapi masyarakat adalah kebotakan atau rambut rontok. Sebenarnya kerontokan rambut adalah hal yang normal terjadi, jika setiap hari jumlah rambut yang rontok tidak lebih dari 100 helai. Namun jika sudah melebihi dari batas normal, maka anda perlu memberikan perhatian serius pada rambut anda. Banyak penyebab terjadinya rambut rontok, seperti malnutrisi, demam yang terlalu tinggi, dan akibat banyaknya ketombe di kulit kepala.

Mencegah Kerontokan Rambut dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi ikan salmon, hati, sereal, pisang, kedelai, kembang kol, wortel, dan berbagai makanan lain yang mengandung zat biotin yang baik untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Uban

Munculnya rambut putih atau yang kita kenal dengan Uban pada saat sudah berusia lanjut memang tak bisa dihindari, tetapi bagaimana jadinya jika kita masih berusia belasan tahun, namun rambut kita sudah ditumbuhi uban?. Tentu anda akan sangat khawatir dengan hal ini, karena selain tidak wajar terjadi, uban juga akan menganggu penampilan anda. Uban terbentuk karena berhentinya sel pigmen di dalam kulit kepala yang bertugas memproduksi melanin, terutama pada saat anda stress, tubuh akan memproduksi horman yang mengambil vitamin B12 dan mengganggu proses tumbuhnya rambut.

Lihat Juga :   10 Makanan Untuk Nutrisi Rambut Sehatmu

Lalu, bagaimana cara untuk Mencegah Tumbuhya Uban di Usia Muda?. Anda hanya perlu mengkonsumsi makanan dengan kandungan B12 yang tinggi, seperti susu, telur, daging berwarna merah, dan hentikan segera kebiasaan merokok anda.

Rambut yang Mudah Patah

Masalah Rambut yang ke empat adalah Rambut yang Sering Patah akibat kekurangan protein dalam tubuh, juga karena kesalahan saat menyisir rambut. Nah untuk mengatasi masalah ini anda dapat memperbanyak konsumsi kacang tanah, almond, gandum, telur, susu, keju atau daging merah. Selain itu berhati-hatilah saat menyisir rambut dan pilih sisir dengan bahan yang lembut.

Itulah 4 Masalah Rambut yang paling sering di temui, sebenarnya masih banyak Masalah-Masalah Rambut lainnya yang perlu kita bahas, tetapi 4 Masalah Rambut ini perlu mendapat perhatian lebih dari anda. Itulah ulasan bagaimana mengembalikan dan menjaga Kecantikan Rambut anda. Semoga bermanfaat.

Tags: #masalah kebotakan #masalah ketombe #masalah rambut #masalah uban #rambut mudah patah

Pencarian Terkait